Best Product

semen beku
BBIB Singosari

Tingkatkan mutu genetik ternak Anda dengan menggunakan semen beku pejantan unggul BBIB Singosari

Tahukah Anda?

Inseminasi Buatan (IB) merupakan bioteknologi reproduksi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas genetik ternak dengan mengoptimalkan pemanfaatan pejantan unggul. IB banyak digunakan dalam proses pembibitan ternak karena penyebaran bibit ternak unggul dapat dilakukan dengan mudah, murah dan cepat.

Dalam perkembangannya IB telah memberikan banyak dampak positif dalam dunia peternakan. Peningkatan populasi ternak melalui peningkatan angka kelahiran dan peningkatan produktivitas ternak sebagai akibat dari peningkatan mutu genetik. Dari segi ekonomi, IB berkontribusi pada peningkatan pendapatan peternak karena pedet hasil IB memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan hasil kawin alam.

Inilah Solusi Produktivitas Ternak Anda

Meski IB merupakan salah satu “senjata andalan” dalam program pembibitan, namun salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan IB adalah Kualitas Semen Beku. 

BBIB Singosari merupakan salah satu produsen semen beku terkemuka di Indonesia. BBIB Singosari menyediakan semen beku berkualitas yang dihasilkan dari pejantan unggul bebas penyakit.

Pejantan Unggul BBIB Singosari diperoleh melalui proses seleksi yang ketat berdasarkan standar mutu yang tinggi dan dipelihara dengan menerapkan good farming management sehingga menghasilkan semen berkualitas baik dan bebas penyakit. 

Mengapa Harus Menggunakan Semen Beku BBIB Singosari?

Nilai Genetik Tinggi, Bebas Penyakit dan Bersertifikat

BBIB Singosari berkomitmen memenuhi kebutuhan peternak dengan memberikan semen beku berkualitas tinggi. Untuk mewujudkan komitmen ini, pejantan unggul yang kami gunakan sebagai biofactory semen beku memiliki nilai genetik yang tinggi dan bebas penyakit.

Teknologi Modern dan Berstandar Internasional

Era globalisasi menuntut agar produk yang dihasilkan harus dapat menembus pasar internasional. Untuk itu dalam proses produksi semen beku BBIB Singosari menggunakan metode berstandard internasional dengan peralatan modern berteknologi tinggi.

Tersertifikasi ISO 17025 dan Integrasi ISO 9001 dan ISO 37001

Sebagai jaminan terhadap kualitas, semen beku yang diedarkan harus melalui tahapan pengujian kualitas di laboratorium yang tersertifikasi ISO 17025 sehingga seluruh produk semen beku kami bersertifikat SNI dengan motilitas minimal 40% dan konsentrasi minimal 25 juta sel per straw. Sebagai Badan Layanan Umum kami dituntut untuk selalu memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

Banyak Varian Ternak Unggul

Sebagai instansi yang hadir untuk peternak, BBIB Singosari harus dapat memenuhi kebutuhan seluruh peternak. Untuk itu BBIB Singosari menghadirkan semen beku yang beasal dari berbagai macam bangsa sapi dan kambing antara lain Limousine, Simmental, Ongole/PO, Brahman, Bali, Brangus, Angus, Madura, Aceh, Fresian Holstein, Kambing Peranakan Ettawa, Kambing Boer, Kambing Senduro, dan Kambing Sa'anen. Peternak dapat memilih semen beku sesuai dengan kebutuhan dan tujuan usaha peternakannya seperti semen beku sexing/unsexing dengan berbagai pilihan pengencer.

Tentang Kami

Legalitas

BBIB Singosari merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian yang memiliki tugas pokok produksi, distribusi, pemasaran, dan pemantauan mutu semen ternak unggul serta pengembangan inseminasi buatan sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 40/Permentan/OT.140/6/2012 tanggal 5 Juni 2012. Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 54/KMK.05/2010 BBIB Singosari merupakan Badan Layanan Umum (BLU) yang siap melaksanakan kerjasama layanan.

Berpengalaman Lebih dari 38 Tahun

Sejak pertama berdiri tahun 1982 BBIB Singosari telah memproduksi semen beku dari berbagai bangsa sapi dan kambing dengan total produksi lebih dari 47 juta dosis dan telah terdistribusi dengan total lebih dari 42 juta dosis ke seluruh wilayah pelayanan IB di Indonesia dan ekspor ke 7 negara yaitu Malaysia, Kamboja, Myanmar, Kyrgyzstan, Afganistan, Madagaskar, dan Timor Leste.

Motto "Setetes Mani Sejuta Harapan"

BBIB Singosari memiliki motto "Setetes Mani Sejuta Harapan" yang telah teregistrasi di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor IDM000138723. Hal ini merupakan tekad kami untuk memberikan semen beku terbaik karena setiap tetes mani dari pejantan unggul BBIB Singosari menyimpan berjuta harapan bagi peternak.

Inovasi

Keunggulan dan nilai tambah dari BBIB Singosari terletak pada kreativitas dan inovasi dalam menjawab keinginan masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, tuntutan peternak semakin beragam. Peternak tidak sekedar menginginkan ternak yang bermutu tinggi tetapi juga kepastian terhadap jenis kelamin ternak yang akan dihasilkan. Didukung oleh SDM yang profesional dan berdedikasi tinggi, BBIB Singosari telah berhasil menghasilkan berbagai terobosan di bidang peternakan khususnya inseminasi buatan. Terobosan tersebut antara lain produksi semen beku sexing, semen beku ikan, unggas, kuda, anjing dan sebagainya.

Komitmen

BBIB Singosari memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan dunia peternakan di Indonesia. Program technical assistance (ATA-233/The Strengthening of Singosari AI Center) yang bekerjasama dengan Pemerintah Jepang mendorong BBIB Singosari sebagai pioneer Program Progeny Test/Uji Zuriat. Melalui program ini BBIB Singosari telah menghasilkan FH Elite Indonesia yang memiliki mutu genetik yang tinggi dan mampu beradaptasi dengan baik terhadap iklim tropis.

Nilai yang Kami Junjung Tinggi dalam Memberikan Pelayanan

Honesty

Menjunjung tinggi kejujuran dalam memberikan pelayanan.

Trust

Menyediakan produk berkualitas untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Fairness

Memberikan pelayanan kepada seluruh pelanggan secara adil.

Respect

Memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan ramah, sopan, jelas, cepat, akurat dan profesional. ​

Responsibility

Memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan ramah, sopan, jelas, cepat, akurat dan profesional. ​

Pejantan Unggul BBIB Singosari

BBIB Singosari menyediakan produk semen beku bersertifikat SNI dengan banyak varian bangsa sapi dan kambing

Siapa saja yang bisa membeli semen beku BBIB Singosari?

Perusahaan Swasta

Perusahaan swasta yang bergerak di bidang peternakan maupun non-peternakan yang memiliki concern dalam pengembangan peternakan.

Instansi Pemerintah​

Instansi milik pemerintah baik yang membidangi fungsi peternakan, penelitian, maupun pengembangan SDM.

Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian

Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian baik milik pemerintah maupun swasta.

Koperasi​ dan Kelompok Ternak

Mencakup koperasi peternak, kelompok ternak, dan paguyuban inseminator.

Asosiasi Inseminator

Asosiasi inseminator yang tergabung dalam Asosiasi Paramedik Veteriner Indonesia (Paravetindo).

Syarat dan Prosedur Pembelian Semen Beku

  • Pelanggan swasta/ koperasi/ pemerintah mengajukan permohonan melalui surat, telepon, email, faximili, whatsapp atau sms ke BBIB Singosari.
  • Pelanggan yang mempunyai badan hukum dapat mengajukan kerjasama yang akan dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama Penjualan Semen Beku.
  • Melakukan komunikasi tentang prosedur pembelian, ketersediaan semen beku, jenis bangsa sapi, kebutuhan kontainer, prosedur pembayaran, bonus dan proses pengiriman.
  • Order semen beku disesuaikan dengan stok yang tersedia. 
  • Melakukan konfirmasi terkait semen beku dan sarana penunjang yang harus disiapkan.
  • Pelanggan mengirim kontainer kosong dan mentransfer dana ke BBIB Singosari.
  • Pengambilan langsung oleh pelanggan harus berkoordinasi terkait waktu kedatangan dan pembayarannya.
  • Semen beku dikirim/diambil sesuai dengan order.
  • Pelanggan memberikan umpan balik terkait informasi kualitas layanan melalui kuisioner manual/elektronik/lisan. 

Pedet Hasil IB Menggunakan Semen Beku BBIB Singosari

Testimoni

Ir. Choirul Saleh, MT​

KUBE PSP Maju Mapan Malang​

Pengalaman kawin suntik ini saya akui bagus sekali bibitnya dari Singosari. Hasilnya ya besar-besar, bagus-bagus, kalau dijual harganya cukup mahal.​

Tohaji​

Peternak

Pengalaman kawin suntik ini saya akui bagus sekali bibitnya dari Singosari. Hasilnya ya besar-besar, bagus-bagus, kalau dijual harganya cukup mahal.